Minggu, 03 April 2016

5 masjid wisata di Jakarta

Inilah 5 masjid wisata di Jakarta :

1. Masjid Istiqlal


Siapa yang tak tahu Masjid Istiqlal. Masjid megah yang berdiri di atas tanah seluas 93.200 meter persegi ini mampu menampung hingga 200.000 jamaah dan menjadi masjid negara Republik Indonesia. Terletak di pusat ibukota Jakarta, Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid.

2. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa (berbagai sumber)
Masjid Agung Sunda Kelapa terletak di Jl. Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, menduduki tanah seluas 9.920 meter persegi. Tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Sunda Kelapa tak memiliki kubah, bedug, bintang-bulan, dan sederet simbol yang biasa terdapat dalam sebuah masjid. Menara yang ada pun sangat unik. Bentuk bangunannya mirip perahu, sebagai simbol pelabuhan Sunda Kelapa tempat saudagar muslim berdagang dan menyebarkan syariat Islam di masa lalu.

3. Masjid At-Tin

Masjid At-Tin (http://duniamasjid.islamic-center.or.id)
Masjid yang terletak di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1, Jakarta Timur ini memiliki luas bangunan mencapai 10.000 meter persegi. Masjid megah ini mampu menampung hingga 25.000 jamaah. Bangunan Masjid At-Tin mengambil dasar bentuk kubus dengan empat menara kecil beratap kubah di setiap sudut. Menara utama setinggi 42 meter sebagai tempat menyiarkan suara azan terpisah dari bangunan utama.

4. Masjid Al-Bina

Masjid Al-Bina (berbagai sumber)
Masjid yang memiliki desain Timur Tengah ini berdiri pada tahun 2000, dengan luas bangunan 1800 m2eter persegi mampu menampung 4000 jamaah. Masjid ini terletak di komplek Istora Bung Karno, lebih tepatnya di Jalan Pintu Satu Gelora Bung Karno Senayan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

5. Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al Azhar (berbagai sumber)
Masjid yang berada di komplek Perguruan Al Azhar, Jalan Singsingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Memiliki luas bangunan mencapai 43.755 meter pesegi dapat menampung 10.000 jamaah. Bangunan Masjid Agung Al-Azhar dibuat dengan perpaduan gaya arsitektur Masjid Hij’ di Saudi Arabia dan Masjid Qibtiyah di Mesir.

Sumber : http://jadiberita.com/59744/5-wisata-religi-bernuansa-islami-di-jakarta.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar